Tentang

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat datang di blog pribadi saya. Saya sangat mengapresiasi kunjungan Anda.

Perkenalkan, nama saya Ihsan Nurul Iman. Kelahiran 25 Maret 2001, asal Depok. Kini saya tinggal di Kebon Nanas Utara, Jakarta Timur.

Ngeblog bukanlah hal yang asing bagi saya. Karir ngeblog saya sudah dimulai sejak duduk di bangku SMP kelas 1. Topik yang saya tulis bermacam-macam mulai dari teknologi, kesehatan, hingga Islam.

Tiap kali memulai blog baru, pikiran saya selalu mengerecut kepada bisnis. Dengan kata lain, motivasi saya selalu ingin mendapatkan uang. Semuanya mengandalkan logika; belum pernah ada blog yang saya tulis dari lubuk hati saya yang paling dalam.

Untuk itulah blog ini dibuat.

Dibalik Layar

Jujur saya bingung sewaktu memilih nama domain yang pas untuk blog ini. Saya dilematis antara beberapa pilihan berikut.
  • ihsannurul.com
  • ihsaniman.com
  • ihsannuruliman.com
  • ihsansfd.com
Masalahnya, nama saya bukanlah tipe nama yang tetap terdengar enak meski hanya disebutkan dua kata saja. Ihsan Nurul? Ihsan Iman? Orang yang tidak kenal saya sekali pun tahu bahwa nama asli saya tidak berhenti di situ.

Tidak seperti nama-nama lainnya. Misalnya, Herman Yudiono, Raditya Dika, Khalid Basalamah, dan lain-lain.

Saya juga sempat memikirkan untuk memakai username medsos saya saja yakni ihsansfd. Hanya saja, saya khawatir orang baru kesulitan mengingatnya.

Akhirnya setelah debat batin yang panjang, as you can tell from the web address. Saya memutuskan memakai nama lengkap saya.

Setelah selesai masalah nama domain dan judul blog, tiba saatnya saya menulis deskripsi/caption blog.

Saya tidak memakai teknik brainstorming atau apalah karena saya telah memikirkannya sejak lama. "Catatan ringan dari seorang tuwailibul ilmi."

Dalam bahasa Arab, tuwailibul ilmi sendiri berasal dari kata dasar talibul ilmi yang berarti penuntut ilmu. Hanya, mengikuti kaidah isim tashgir.

Sederhananya, isim tashgir secara maknawi memberi tambahan sifat "kecil-kecilan". Sehingga jika diartikan secara bebas berarti "penuntut ilmu kecil-kecilan".

Sangat cocok menggambarkan diri saya yang tidak punya latar belakang jurusan keagamaan sama sekali.

Saat menulis halaman Tentang ini, saya tidak tahu topik apa saja yang bakal saya tulis di blog ini ke depannya.

Saya sendiri tipikal orang yang menggandrungi teologi. Sehingga, jangan heran jika kebanyakan postingan saya bertemakan hal tersebut. Namun, bukan tidak mungkin juga saya akan menulis topik-topik lainnya.

Intinya, blog ini adalah tempat menuangkan isi pikiran saya tanpa harus diganggu dengan godaan finansial. Oleh sebab itu, saya bertekad untuk tidak akan pernah memasang iklan di blog ini.

Namun, jangan khawatir. Tidak seperti kebanyakan blog pribadi lain yang penulisnya menceritakan pengalaman kesehariannya. Saya tidak akan melakukan hal tersebut. Blog ini akan selalu saya hiasi dengan postingan-postingan bermanfaat.

Selain itu, saya juga akan memastikan postingan yang saya tulis kredibel. Salah satu cara saya adalah dengan membaca banyak referensi sebelum mulai menulis.

Namun jika pada kenyataannya Anda menemukan kekeliruan pada postingan saya, mohon jangan segan-segan memberi tahu saya melalui halaman Kontak. Syukur Alhamdulilah saya akan senang sekali atas bantuan Anda.

Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah sampai sejauh ini. Semoga Anda ikut mendapat manfaat dari membaca postingan-postingan di blog saya.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.